Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan Anda ? Kopi atau Teh Hijau ?

Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan Anda ? Kopi atau Teh Hijau ?

Jakarta – Baik kopi maupun teh hijau sama-sama mengandung kafein, namun dalam jumlah yang berbeda. Keduanya pun sama-sama memiliki manfaat kesehatan yang besar.

Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan Anda ? Kopi atau Teh Hijau ?

Kedua minuman populer ini aman dan sehat untuk dikonsumsi, kecuali bagi perempuan hamil yang mungkin harus membatasi asupan kafein mereka untuk kurang dari 200 mg per hari seperti yang disarankan oleh American College of Obstetricians dan Gynecologists.

Keduanya sama-sama mengandung kafein, kopi memiliki jumlah lebih besar. Secangkir kopi mengandung 100-150 mg kafein, sedangkan secangkir teh hijau mengandung sekitar 26 mg seperti dilansir dari lifehack.org, Kamis (17/11/2016).

1. Kopi vs Teh dan manfaat kesehatan

Ada beberapa bukti dari Jepang teh hijau dapat mengurangi kemungkinan kematian dari semua penyebab (23% lebih rendah pada wanita dan 12% lebih rendah pada laki-laki). Hal ini juga dapat mencegah penyakit jantung (31% lebih rendah pada wanita dan 22% lebih rendah pada laki-laki). Hasilnya sangat jelas untuk kasus stroke (42% lebih rendah pada wanita dan 35% lebih rendah pada laki-laki).

Baik teh hijau dan kopi juga bisa membantu melawan mengembangkan diabetes, meskipun kasus ini lebih terlihat pada kopi. Studi menunjukkan bahwa mereka yang minum kopi secara teratur memiliki risiko 23-50% lebih rendah terkena penyakit tersebut.

Ada benar-benar bukti yang bertentangan tentang teh hijau menjadi pelindung terhadap kanker. Kopi dapat mengurangi kemungkinan kanker hati dan kanker kolorektal. Namun, kanker hati adalah 3 penyebab kematian kanker terkemuka di dunia, sementara kanker kolorektal adalah keempat. Itu cukup signifikan.

Teh hijau dapat memperlambat penurunan kognitif pada orang tua pada dosis yang lebih kecil, sedangkan kopi hanya menunjukkan efek yang sama setelah minum dalam jumlah besar. Selain itu, total asupan kafein pada orang tampaknya memiliki efek besar pada mencegah Parkinson pada pria; pengurangan risiko mulai 32-60%

Teh hijau juga lebih rendah kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL. Akhirnya, peminum teh hijau memiliki hingga risiko 31% lebih rendah dari penyakit jantung.

2. Meningkatkan metabolisme dan kesehatan gigi

Bagi yang belum tahu, teh hijau adalah minuman yang berfungsi sebagai pembakaran lemak. Sebab itu teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan. Beberapa studi menunjukkan kafein dapat meningkatkan tingkat metabolisme dalam tubuh manusia sebesar 3 hingg 11 persen.

Baca juga: Waktu Terbaik Minum Kopi Bagi Kesehatan Anda

Teh hijau juga dapat membantu membunuh bakteri dan menghambat virus seperti influenza, berpotensi menurunkan risiko infeksi, dan membantu kesehatan mulut. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Waspada 5 Jenis Pemanis Buatan yang Ada di Makanan Sehari-Hari

Waspada 5 Jenis Pemanis Buatan yang Ada di Makanan Sehari-Hari

Jakarta – Pemanis merupakan salah satu bahan makanan yang harus dihindari karena dapat memberi efek ...