Home > Ragam Berita > Ekonomi > BI Lengkapi Uang Rupiah Baru Dengan 12 Pengamanan

BI Lengkapi Uang Rupiah Baru Dengan 12 Pengamanan

Jakarta – Agus Martowardojo selaku Gubernur Bank Indonesia (BI) mengungkapkan, uang rupiah baru yang dirilis oleh BI termasuk uang teraman di dunia. BI sendiri baru meluncurkan 11 uang baru yang terdiri 7 uang kertas dan 4 uang logam.

BI Lengkapi Uang Rupiah Baru Dengan 12 Pengamanan

“Sebetulnya pengamanan kita salah satu terbaik di dunia,” kata dia di sela peluncuran uang baru di Gedung BI Jakarta, Senin (19/12/2016).

Agus juga menjelaskan, uang rupiah baru yang dikeluarkan paling tidak memiliki 9-12 tipe pengaman. Ia juga mengungkapkan apabila untuk pengaman tersebut ada yang bisa diketahui oleh masyarakat awam namun ada pula yang hanya bisa diketahui spesialis.

“Pengaman uang kertas baik uang kertas Rp 100 ribu sampai Rp 1.000 itu antara 9-12 pengaman yang ada dan pengaman itu yang diketahui masyarakat luas ataupun diketahui spesialis tentu akan sosialisasi mengenai pengaman-pengamannya,” jelasnya.

Agus menambahkan, salah satu peningkatan keamanannya antara lain ialah dari segi warna dan ultraviolet.

Baca juga: Rupiah Baru Beredar, Netizen : “Kayak Mata Uang China”

“Peningkatan pengamanannya di 5 unsur mulai dari warna, ultraviolet sampai rectoverso. Ada 5 hal yang ditingkatkan pengamanannya di uang emisi 2016,” ujar Agus. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hari Ini Pertalite dan Pertamax Naik Harga

Hari Ini Pertalite dan Pertamax Naik Harga

Jakarta – Pertamina akhirnya elakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM), jenis Pertamax, Pertalite, dan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis