Home > Ragam Berita > Nasional > GMKI Khawatir Pernyataan Habib Rizieq Picu Konflik di Masyarakat

GMKI Khawatir Pernyataan Habib Rizieq Picu Konflik di Masyarakat

Medan – Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam menolak kehadiran Rizieq Shihab di Medan. Menurut koordinatornya, Swangro Lumbanbatu, GMKI menolak kehadiran Rizieq ke Medan karena khawatir pernyataan yang disampaikan Rizieq disalahartikan sebagian masyarakat dan dapat memicu terjadinya perpecahan dan konflik sosial di tengah masyarakat.

GMKI Khawatir Pernyataan Habib Rizieq Picu Konflik di Masyarakat

“Karena itu, pihak Kepolisian Sumatera Utara harus bertindak tegas dalam perizinan kegiatan yang akan diadakan Habib Rizieq Shihab dan rombongan. GMKI juga mengajak semua pihak bergotong-royong membangun daerah dengan selalu berpegang teguh kepada UUD 1945 dan ideologi Pancasila,” kata Swangro.

Berdasarkan jadwal yang disampaikan ketua panitia tablig akbar yang juga Ketua Gerakan Anti Penodaan Agama Islam (GAPAI) Sumatera Utara Rabualam Syaputera kepada awak media, acara tablig akbar Rizieq seharusnya di Lapangan Benteng.

“Namun panitia tidak diberi izin karena ada acara apel sistem pengamanan kota. Karena itu, acara kami pindahkan ke Masjid Agung,” kata Rabualam.

Gelaran tablig akbar di Masjid Agung Medan ini bertema “Konsolidasi Nasional Spirit 212 Menyongsong Kebangkitan Islam”. Lebih dari seribu jamaah di Medan dan sekitarnya memadati masjid mulai pagi meski acara baru dimulai pukul 12.45.

Nasyid dan pembacaan Qiroatil Quran menjadi acara pembuka sebelum doa dan zikir bersama. Selanjutnya, Ustadz Heriansyah, KH M. Al Khatthat, Abdlu Latief Khan, KH Abdur Rasyid, dan KH Zaiutun Rasmin bergantian menyampaikan tausiah.

Sedangkan Rizieq memberi tausiah pukul 16.30 yang sebelumnya disambut dengan lantunan salawat oleh para jamaah. Dalam pidatonya, Rizieq menjelaskan tentang tujuan aksi 411 dan 212 yang berlangsung beberapa waktu lalu.

“Aksi 411 dan 212 bukanlah aksi melawan agama lain atau melawan golongan etnis tertentu atau melawan. Namun aksi itu adalah aksi melawan orang yang sudah memfitnah agama Islam,” ujar Rizieq.

Rizieq berpendapat, aksi yang telah dilakukan adalah suatu sikap yang berlandaskan keimanan kepada Allah untuk membela Islam. Sebab, menurutnya, Ahok telah melakukan tindakan yang sangat menyinggung hati umat Islam. Karena itu, kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan upaya memupuk semangat dan menjaga spirit aksi 212.

Baca juga: Jokowi : “Kita Harus Evaluasi Media Online Yang Sengaja Memproduksi Berita Bohong”

Di akhir tausiahnya, Rizieq sempat menanyakan kepada jamaah jika Ahok nantinya dibebaskan. Dengan serempak, jamaah menuntut melakukan revolusi. “Revolusi, revolusi, revolusi,” teriak para jamaah. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kurangi Angka Kecelakaan, Anies Imbau Pemotor Gunakan Transportasi Massal

Kurangi Angka Kecelakaan, Anies Imbau Pemotor Gunakan Transportasi Massal

Jakarta – Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan berkerja sama dengan relawan dan komunitas ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis