Jakarta – Setiap tanggal 14 Februari sebagian besar masyarakat dunai merayakannya sebagai Hari Kasih Sayang atau Hari Valentine. Di hari spesial ini biasanya ditandai dengan pemberian hadiah atau kado kepada orang yang dikasihi, itu bisa siapa saja.

Ini Dia Tradisi Masyarakat Jepang Memilih Kado Valentine Berdasarkan Golongan Darah

Khusus dalam masyarakat Jepang, ada tradisi dalam memberikan kado berdasarkan golongan darah karena mereka meyakini golongan darah sangat berpengaruh terhadap karakter atau kepribadian seseorang.

Teori tersebut tertuang di dalam buku berjudul “The Study of Temperament Through Blood Type” pada 1927 yang merupakan hasil penelitian dari Takeji Furukawa.

Berikut ini beberapa rekomendasi jenis kado valentine berdasarkan golongan darah:

Golongan Darah A
Golongan darah A berkarakter cenderung terorganisir, konsisten, sangat mudah bekerja sama, dan perfeksionis. Mereka juga menyukai harmoni, menghindari konfrontasi, dan kurang memiliki spontanitas.
Kado yang cocok: jam tangan atau wadah yang bisa membuatnya menata barang-barang secara rapi.

Golongan Darah B
Memiliki karakter yang cenderung santai dibandingkan golongan darah yang lain, kurang kooperatif alias individualis, dan lebih memilih untuk mengikuti ide-ide mereka sendiri. Namun demikian, mereka memiliki jiwa petualang dan kompetitif untuk menjadi yang terbaik di berbagai hal.
Kado yang cocok: Coba berikan hadiah yang sederhana tapi penuh makna untuk pasangan yang bergolongan darah B. Kaos couple atau sepatu untuk menunjang jiwa petualangnya mungkin menjadi kado yang istimewa baginya.

Golongan Darah O
Golongan darah O cenderung bersifat terbuka, enerjik, sosial, fleksibel, senang jadi pusat perhatian, percaya diri, romantis, serta perhatian dengan detil yang kecil.
Kado yang cocok: voucher makan di suatu restoran yang bisa digunakan bersama dengan orang-orang terkasih atau celana yoga untuk menunjang jiwa enerjiknya.

Golongan Darah AB
Golongan darah AB berkarakter unik, suka berbuat sesuatu yang aneh dan konyol, cenderung tenang, rasional, memiliki cita rasa seni, selalu berjuang untuk mendapatkan mimpinya, dapat dipercaya, bertanggung jawab, dan ingin membantu orang lain.
Kado yang cocok: lampu tidur proyektor yang dapat mewarnai kamarnya saat malam atau VR glasses case untuk menghidupkan imajinasi mereka.
(samsul arifin – www.harianindo.com)