Jakarta – Susah buang air besar (BAB) atau yang sering disebut sembelit merupakan masalah yang umum terjadi di masyarakat pedesaan. Susah BAB merupakan pertanda pola makan/diet membutuhkan lebih banyak serat atau fiber.

Inilah Beberapa Makanan yang Bisa Atasi Susah BAB

Namun, jika sembelit terjadi cukup sering dan menimbulkan rasa sakit atau berdarah, sebaiknya periksakan ke dokter, karena bisa jadi itu pertanda gangguan pencernaan yang lebih serius.

Selain air (H2o) yang dianggap komponen penting untuk menghilangkan perasaan penuh pada perut dan membantu agar limbah bergerak melalui perut.

Sebagaimana diberitakan Today pada Senin (6/3/2017), berikut beberapa makanan yang bisa atasi sembelit.

1. Apel.
Menurut USDA, apel berukuran sedang mengandung 4,4 gram serat dan apel juga mengandung serat larut. Serat larut adalah jenis serat yang menyerap air.

Ini berarti apel akan menahan air saat melewati sistem pencernaan Anda dan menciptakan gel, seperti konsistensi serta membantu mencegah sembelit.

2. Artichoke
Artichoke mengandung antioksidan yang mengandung 10,3 gram serat. Artichoke juga sangat tinggi serat larut.

3. Kacang
Kacang-kacangan seperti kacang, buncis dan kacang polong hijau, semuanya adalah superstar pencernaan.

4. Oatmeal
Satu cangkir oatmeal tradisional mengandung 4 gram serat. Seperti semua makanan tinggi serat, oat mengandung combo serat larut dan larut, tapi mereka terkenal karena membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko diabetes.

5. Pistachios
Pistachios tinggi kalium, menyediakan Anda dengan vitamin B yang penting dan mengandung 3 gram serat.
(Tita Yanuantari – www.harianindo.com)