Bandung – Masih ingatkan tentang viralnya video anak sekolah dasar yang menyebutkan nama-nama ikan didepan Presiden Jokowi?. Nampaknya fenomena itu kini menjadi trend, salah satunya di kalangan polisi dan mahasiswa. Ya, benar saja, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memberikan kuliah umum di Institut Teknologi Bandung (ITB), Rabu (8/3).

Kapolri Ikut Tantang Mahasiswa Sebutkan 5 Jenis Ikan

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian

Kapolri menyampaikan kuliah umum bertemakan Tantangan Kebhinekaan dalam Era Demokrasi dan Globalisasi. Materi tersebut berjalan lancar, dan hingga waktu 1,5 jam berlalu, tiba-tiba saatnya untuk sesi tanya jawab dari mahasiswa. Hadiah untuk masing-masing penanya adalah handphone.

Hingga akhir sesi ternyata handphone masih tersisa lima buah, dan akhirnya Tito menunjuk lima orang mahasiswa untuk naik keatas panggung untuk menjawab pertanyaan yang diberikan pihak Kapolri. Mahasiswa pertama yang berasal dari ITB ditanya nama Gubernur Jawa Barat.

“Pertanyaannya yang mudah. Jangan yang susah-susah. Siapa nama lengkap Gubernur Jawa Barat?,” ujarnya.

Pertanyaan ini pun dengan mudah dijawab mahasiswa tersebut yakni Ahmad Heryawan yang kebetulan juga hadir di lokasi. Mahasiswa kedua ditanya nama polisi yang memegang jabatan Kapolda Jawa Barat.

Meski sempat terbata-bata dan salah akhirnya mahasiswa kedua berhasil menjawab Irjen Pol Anton Charliyan. Mahasiswa ketiga ITB juga mendapat pertanyaan mudah yakni nama Rektor ITB.

Dua mahasiswa lainnya berasal dari IPDN yang juga hadir dalam kuliah umum yang disampaikan di Aula Barat tersebut. Salah satu mahasiswa IPDN diberi pertanyaan seperti sebelumnya Presiden Joko Widodo pernah bertanya pada anak SD.

“Sebutkan lima jenis ikan!” kata Tito yang disambut gelak tawa seisi ruangan.

Mahasiswa IPDN itu pun menjawab jenis-jenis ikan. “Ikan mas, ikan koi ikan tetra, ikan nemo, ikan tongkol.”
Nyatanya diakhir sesi cukup mengundang gelak tawa dan kesenangan bagi para mahasiswa. Dan lima ponsel terakhir itu diberikan kepada lima mahasiswa yang maju dan menjawab pertanyaan.

Baca juga : Pengacara Tantang Kapolri Beberkan Bukti Bachtiar Nasir Transfer Dana ke Turki

Ponsel itu tak lain sebagai bentuk apresiasi dan ucapan terimakasih pihak Kapolri kepada mahasiswa yang ikut serta dalam kuliah umum Kapolri. (Icha – harianindo.com)