Home > Ragam Berita > Nasional > Jaksa KPK Sebut Nama Marzuki Ali Ikut Nikmati Proyek E-KTP

Jaksa KPK Sebut Nama Marzuki Ali Ikut Nikmati Proyek E-KTP

Jakarta – Nama mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Marzuki Alie, juga disebutkan oleh jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat membacakan surat dakwaan terhadap dua tersangka mantan pejabat di Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Irman dan Sugiharto.

Jaksa KPK Sebut Nama Marzuki Ali Ikut Nikmati Proyek E-KTP

Menurut jaksa KPK, Marzuki Alie disebut ikut diperkaya sebesar Rp 20 miliar di dugaan korupsi pengadaan E-KTP yang disebut merugikan negara sebesar Rp 2,314 triliun.

Pemberian uang kepada Marziki Alie dilakukan oleh pengusaha yang ditunjuk langsung sebagai pemenang lelang, Andi Agustinus alias Andi Narogong.

Sebelumnya, Andi dan Sugiharto bertemu di ruang kerja Sugiharto pada Februari 2011. Dalam kesempatan itu, Andi menyampaikan bahwa dirinya akan memberikan uang sebesar Rp 520 miliar kepada beberapa pihak untuk kepentingan penganggaran proyek E-KTP di DPR.

“Salah satunya kepada Marzuki Alie, sebesar Rp 20 miliar,” ujar jaksa KPK saat membacakan surat dakwaan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (9/3/2017).

Selain kepada Marziki Alie, uang juga diberikan kepada mantan Ketua Fraksi Partai Demokrat Anas Urbaningrum sebesar Rp 20 miliar, dan politisi Partai Golkar juga sebesar Rp 20 miliar.

Tidak hanya itu, Partai Golkar dan Partai Demokrat, juga dibagi dengan masing-masing sebesar Rp 150 miliar. Sedangkan PDI Perjuangan dan partai-partai lainnya masing-masing menerima sebesar Rp 80 miliar.

Selain diduga terlibat dalam pemberian suap terkait proses penganggaran proyek e-KTP di DPR RI, untuk tahun anggaran 2011-2013, kedua terdakwa juga diduga terlibat dalam mengarahkan dan memenangkan perusahaan tertentu untuk menjadi pelaksana proyek pengadaan e-KTP.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Djarot Membantah Mendapat Pemukulan di Acara Haul Soeharto

Djarot Membantah Mendapat Pemukulan di Acara Haul Soeharto

Jakarta – Baru-baru ini beredar kabar bahwa Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis