Jakarta – Dewasa ini, kemajuan teknologi terutam gadget sudah tidak bisa lepas dari kehidupan kita. Dimanapun dan kapanpun, gadget sepertinya harus selalu ada di samping kita.

Sudah Benarkah Anda Mengucapkan Empat Istilah Teknologi Ini?

Seiring dengan semakin maraknya aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan leawt smartphone, ditambah lagi dengan dengan semakin mudahnya mengakses internet membuat pengaruh teknologi semakin merasuk di dalam kehidupan masyarakat sehari-harinya.

Tentu saja dengan kemajuan ini, kita menjadi sering mendengar istilah-istilah yang berhubungan dengan hal-hal di atas seperti Wi-Fi, meme, copy paste, dan masih banyak lagi.

Tapi menurut Anda, sudah benarkah cara pengucapan Anda terhadap istilah-istilah itu setiap harinya? Anda yakin sudah benar?

Mari kita coba pelajari lima istilah yang paling sering kita dengar dan ucapkan terkait dengan teknologi dan pengucapannya yang benar.

1. Wi-Fi
Wi-Fi adalah kependekan dari Wireless Fidelity, yakni jaringan nirkabel yang berguna untuk mengakses internet.

Sering kali Anda mendengar tiga versi dalam pengucapan “Wi-Fi”. Ada mengucapkan “Wai-Fai”, “Wai-Fi”, dan “Wi-Fi”. Lantas mana yang benar?

Yang benar adalah “Wai-Fai”. Pengucapan Wi-Fi sama seperti mengucapkan “Sci-Fi” yang dibaca “Sai-Fai”.

2. Copy Paste
Untuk Anda yang berkecimpung dengan urusan ketik-mengetik, pasti tahu dengan istilah “Copy Paste”. Masyarakat telah terbiasa dengan pengucapan “Kopi Paste”. Padahal yang benar cara mengucapkannya adalah “Kopi Peist” (E seperti membaca kata Bebek).

3. Meme
Istilah ini makin sering kita dengar dan ucapkan seiring dengan semakin maraknya gambar dengan kata-kata lucu yang beredar di media sosial.

Banyak yang mengucapkan kata Meme dengan “Me-me” atau “Mem”. Padahal yang benar adalah “Mim”.

4. Charge
Kata ini lebih “tua” lagi karena kata ini muncul bersamaan dengan diproduksinya handphone untuk pertama kalinya. Charge sering dipakai sebagai istilah untuk mengisi daya baterai.

Kita sering mengucapkan kata Charge dengan “Cas” atau “Nge-cas”. Tentu saja ini salah, karena pengucapan yang benar yakni “Charj”.
(samsul arifin – harianindo.com)