Jakarta – Bila Anda berencana akan bepergian yang mengharuskan Anda untuk menginap di hotel, pastikan Anda menginap di hotel dan kamar yang aman, apalagi bila Anda berada di luar negeri.

Tips Memilih Kamar Hotel Yang Aman

Menurut Kepala Bidang Informasi dan Analisis Travel di SOS International, Rob Walker, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memastikan keamanan Anda saat akan menginap di hotel.

“Kami menganjurkan kepada pelancong untuk memesan kamar yang agak jauh dengan lobi, yang merupakan pintu masuk dari penyerang,” kata Rob Walker.

Selain itu, Rob juga menganjurkan untuk memilih kamar yang jauh dari fasilitas publik, seperti restoran, dan jalan umum. Sebaliknya, pilihlah kamar yang dekat dengan pintu atau tangga darurat.

Letak kamar pada lantai berapa juga berpengaruh bila Anda menginap di hotel di Amerika Serikat. Rob menyarankan untuk memilih kamar yang berada di atas lantai satu dan dua, namun di bawah lantai enam. Karena lantai tiga, empat, dan lima paling kecil risikonya dirampok dan lebih mudah petugas pemadaman untuk menyelamatkan Anda bila terjadi bencana.

Berikut ini beberapa tips memilih kamar hotel yang aman:

1. Hindari kamar dengan pintu ganda, alias pintu interlock yang tembus ke kamar lain
2. Pilih hotel yang tak berada di lingkungan kriminal
3. Pastikan kamar memiliki gerendel pintu, lubang mata untuk mengintip tamu, dan prosedur evakuasi
4. Kunci ganda pintu
5. Ketika masuk kamar, pintu jangan langsung ditutup. Ganjal dengan koper, kemudian periksa kamar dengan cepat apakah ada orang asing yang masuk.
6. Bawa tas kecil yang berisi barang penting seperti paspor dan charger handphone
7. Ketika meninggalkan kamar, tempatkan tanda ‘Jangan Ganggu’ dan nyalakan lampu kamar, dengan meminta kartu hotel tambahan
8. Ekstra hati-hati saat di lobi, tetap periksa keberadaan koper
9. Pastikan nomor kamar hotel tak ditunjukan di area umum
10. Pastikan pintu kamar dan jendela terkunci
11. Jika berada di negara dengan ancaman teroris, pilihlah makan di kamar ketimbang makan di restoran atau bar yang berada di lantai dasar.
(samsul arifin – www.harianindo.com)