Jakarta- Absennya pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno di acara debat salah satu stasiun televisi swasta semalam menimbulkan kecurigaan di tengah masyarakat.

Anies-Sandi Dikabarkan Tidak Ikut Debat, Kenapa ?

Anies-Sandi

Banyak yang beranggapan bahwa pasangan nomor urut tiga itu takut berdebat dengan duet Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat. Lantas, apakah alasan sebenarnya Anies-Sandi tak menghadiri debat?

Melalui keterangan pers, Konsultan Politik Anies-Sandi, Eep Saefullah Fatah menyebutkan, ketidakhadiran duet yang diusung PKS dan Gerindra itu sebagai upaya meredamkan kompetisi yang semakin memanas.

Oleh karena itu, pihaknya harus membatalkan keikutsertaan debat semalam agar suasana di tengah masyarakat tidak semakin membara. “Kami merasa tak punya pilihan selain berikhtiar seoptimal mungkin untuk bersikap dan berlaku konstruktif,” ujar Eep pada Senin (3/4/2017).

CEO dan Founder PolMark Indonesia itu meminta, lebih baik saat ini format yang diambil untuk mempertemukan kedua rival di pilkada DKI yakni berupa acara bersifat kekeluargaan.

Baca juga: Sandiaga Uno Akan Kembali Jalani Pemeriksaan Terkait Penggelapan Tanah

“Meminimalkan kesan pertentangan yang imbasnya ke bawah akan bersifat langsung dan mencemaskan,” terangnya.

Kendati demikian, timses Anies-Sandi tak bermaksud merepotkan pihak penyelenggara debat. Hanya, pihaknya ingin membangun suasana yang lebih kondusif menjelang pencoblosan 19 April nanti. “Kalau bukan kita, siapa lagi yang harus bersikap konstruktif seperti ini?,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)