Semarang ā€“ Sejumlah ormas membubarkan pembentukan Front Pembela Islam (FPI) di Kota Semarang pada Kamis (13/4/2017) malam di kediaman Ketua Advokasi FPI Jawa Tengah, Zaenal Petir, Jl. Pergiwati I no. 19, Bulu Lor, Semarang Utara.

Menegangkan, Video Pembubaran Pembentukan FPI di Semarang

Suasana pembubaran nampak tegang dengan kawalan sekitar 400 personil polisi. Karena suasana makin memanas maka dilakukan audiensi antara perwakilan ormas yang menolak FPI dan pihak FPI yang diwakili oleh Zaenal Petir, Ketua DPD FPI Jateng Rofiudin, dan Ketua FPI Temanggung Sihabudin.

Saat berbicara, Wakil Ketua Laskar Merah Putih Iwan Cahyono, langsung menyampaikan penolakan dari beberapa ormas di Semarang terhadap pembentukan FPI Semarang sekaligus mengungkapkan kekecewaannya karena Zaenal Petir merupakan salah satu Komisioner Komisi Informasi Publik, namun justru menjadi bagian dari FPI.

“Sampai kapanpun kami menolak keberadaan FPI di Kota Semarang. Kami harap segera dibubarkan (acara pengukuhan),” kata Iwan di lokasi.

Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Abiyoso, juga mengatakan bahwa telah banyak penolakan terhadap FPI di Semarang karena itu ia minta agar acara pembentukan FPI Semarang dibubarkan saja.

“Semua komponen yang ada di Kota Semarang menolak FPI. Tentunya saya memohon, jangan dipaksakan. Ini banyak yang menolak. Tidak ada FPI juga Semarang sudah aman,” kata Abiyoso.

“Barang siapa yg memancing kerusuhan, yang memancing yang saya ambil. Silahkan pulang, Pak Zaenal mau bongkar-bongkar sekarang apa besok. Kalau mau bentuk (FPI), ya di negara lain silahkan. Semarang kita jaga sama-sama,” tegas Abiyoso.

Para pemimpin dan anggota FPI yang hadir dalam acara tersebut kemudian dimasukkan ke dalam mobil barakuda untuk dibawa ke lokasi yang aman. Sedangkan para anggota ormas kemudia membubarkan diri.

Berikut videonya:


(samsul arifin ā€“ harianindo.com)