Jakarta – Menyikat gigi dua hingga tiga kali dalam sehari telah menjadi sebuah kewajiban yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan mulut. Namun, apabila Anda tidak mengambil waktu beberapa menit setiap hari untuk menyikat lidah, maka Anda bisa terkena berbagai penyakit yang berasal dari mulut.

Apa Akibat dari Jarang Menyikat Lidah ?

Menyikat Lidah

Lidah ibarat spons yang dapat menyerap dan menyebarkan bakteri jahat ke seluruh mulut dan bahkan bisa menyebabkan penyakit. Berikut beberapa masalah yang dapat ditimbulkan akibat jarang menyikat lidah seperti dilansir dari metrotvnews.com, Minggu (23/4/2017):

1. Mulut berbau

Bau mulut adalah masalah nomor satu yang terkait dengan tidak menyikat lidah Anda. Bakteri yang membuat rumah di lidah Anda mulai melakukan pertumbuhan berebih dari bakteri di berbagai tempat dan mengeluarkan bau busuk. Bakteri penyebab bau cenderung mengintai di bagian belakang lidah.

2. Meredam selera makan

Bila tidak menyikat lidah Anda, lapisan bakteri yang buruk, partikel makanan dan sel kulit mati yang disebut biofilm dapat menutup selera Anda. Ini dapat membuat indera perasa kurang tajam.

3. Lidah berbulu hitam

Kondisi ini dapat muncul saat papila di lidah Anda mulai ternoda dari makanan sisa atau partikel minuman seperti kopi, dan partikelnya tidak pernah disikat. Ini memberi seluruh lidah penampilan yang gelap dan seperti berbulu. Meski tidak berbahaya, warna gelap dapat hilang setelah disikat.

4. Infeksi jamur mulut

Secara medis kondisi ini dikenal sebagai sariawan oral yang dapat terjadi ketika tingkat bakteri di mulut Anda keluar mendadak dan jamur alami tumbuh tidak terkendali. Hasilnya, muncul bercak putih di lidah. Obat antijamur dapat digunakan untuk menyembuhkan kondisi ini dan tentunya sikat lidah secara teratur.

5. Penyakit periodontal

Penumpukan bakteri di lidah Anda bisa menyebar ke gigi yang dapat menyebabkan radang gusi. Jika tidak diobati, peradangan bisa berlanjut ke penyakit periodontal yakni kondisi saat gusi menjauh dari gigi dan ruang di antaranya mengalami infeksi.

Baca juga: Selain Membantu Menurunkan Berat Badan, Ini Manfaat Lain dari Alpukat

Gigi Anda mungkin dapat copot tapi yang lebih mengkhawatirkan dari penyakit ini adalah munculnya peradangan kronis yang disebabkan oleh penyakit periodontal dan berkaitan dengan risiko serangan jantung, stroke, dan keguguran. (Yayan – www.harianindo.com)