Jakarta – Kasus suap Judicial Review UU Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan hingga kini masih didalami KPK. Kini, lembaga antirasuah tersebut bakal memeriksa tiga orang petugas Bea Cukai. Mereka bakal dimintai keterangan sebagai saksi atas tersangka Basuki Hariman.

KPK Periksa Petugas Bea Cukai sebagai Saksi Basuki Hariman

KPK

Ketiganya bertugas sebagai pelaksana pemeriksa Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok. Mereka adalah, Nugroho Setiawan, Martua, dan Zacky Taufiq.

“Mereka akan diperiksa untuk tersangka BHR (Bambang Hariman),” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta pada Jumat (5/5/2017).

Baca juga: KPU Tetapkan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Terpilih

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan empat orang tersangka, mereka adalah Patrialis Akbar, Basuki Hariman, NG Fenny dan Kamaludin. Patrialis sendiri berusaha mewujudkan keinginan Basuki selaku permohonan uji materi perkara dengan nomor 129/puu-xxi/2015. Basuki menjanjikan sejumlah uang sebanyak 200 ribu dollar Singapura dan USD20 ribu.

Dalam pemeriksaan belakangan ini, penyidik antirasuah kerap memanggil sejumlah pejabat Bea dan Cukai. Pasalnya, KPK juga tengah membidik sejumlah perusahaan milik Basuki Hariman. (Tita Yanuantari – harianindo.com)