Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Cegah Sakit Gigi dengan Ketahui Beberapa Penyebab Utamanya

Cegah Sakit Gigi dengan Ketahui Beberapa Penyebab Utamanya

Jakarta – Sakit gigi bisa datang tanpa diduga, dan bisa sangat menyiksa. Hampir semua orang tidak berdaya ketika sakit gigi tanpa mengetahui penyebabnya.

Cegah Sakit Gigi dengan Ketahui Beberapa Penyebab Utamanya

Jika mengetahui penyebabnya, ada kemungkinan besar Anda bisa mencegah sakit gigi datang. Nah, jadi Anda perlu mengetahui penyebab utama sakit gigi. Berikut penyebab utama sakit gigi:

1. Mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi dan karbohidrat
Makanan yang mengandung gula tinggi dan juga tepung adalah penyebab kerusakan gigi. Setelah mengonsumsi makanan tersebut, orang harus memastikan gigi disikat untuk membunuh bakteri yang bisa berkembang biak di sana.

2. Tidak sikat gigi dan flossing
Meninggalkan kebiasaan menyikat gigi dua kali sehari, pagi dan malam, akan menyebabkan gigi rusak. Karena, dengan begitu akan menjadi tempat berkembang biak yang sempurna bagi bakteri. Menyikat gigi setiap hari, flossing dan pemeriksaan rutin gigi membantu mencegah kerusakan gigi.

3. Fluorida rendah
Fluorida tetap memberi ketahanan pada gigi terhadap asam yang disebabkan oleh wabah penyakit. Tanpa fluorida, gigi akan cenderung mudah membusuk.

4. Merokok
Perokok memiliki risiko lebih besar terkena masalah enamel gigi. Hal ini pada akhirnya akan menyebabkan kerusakan pada gigi.

5. Mulut kering
Mulut kering atau tanpa air liur cukup membuat gigi berisiko besar mengalami pembusukan. Kurangnya air liur akan membuat gula yang menempel tidak dibersihkan, sehingga menyebabkan bakteri.
(Tita Yanuantari – www.Harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Waktu Terbaik Menyantap Buah

Inilah Waktu Terbaik Menyantap Buah

Jakarta – Menyantap buah amat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain mengandung vitamin, ...