Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Ingin Menjaga Kesehatan Jantung? Konsumsilah Beberapa Makanan Ini

Ingin Menjaga Kesehatan Jantung? Konsumsilah Beberapa Makanan Ini

Jakarta – Kesehatan jantung bisa dipengaruhi oleh makanan atau minuman apa yang Anda konsumsi. Salah memilih makanan dapat membahayakan kesehatan jantung.

Ingin Menjaga Kesehatan Jantung? Konsumsilah Beberapa Makanan Ini

Karena, beberapa makanan diketahui dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung, seperti junk food, makanan berlemak tinggi dan olahan, serta asupan manis. Untuk itu, Anda perlu cermat memilih makanan untuk dimasukkan ke menu diet harian.

Memilih makanan yang tepat dapat menjamin kesehatan jantung terjaga. Berikut makanan yang perlu Anda masukkan sebagai bagian dari menu diet harian untuk menjaga kesehatan jantung:

Buah segar
Buah segar mengandung serat, antioksidan, vitamin dan mineral yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Antioksidan juga membantu mencegah kerusakan lebih lanjut pada sistem peredaran darah.

Kacang hitam
Kacang hitam mengandung cukup serat yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Karenanya, mengonsumsi kacang hitam rutin menghindarkan Anda dari risiko serangan jantung.

Ikan kembung
Ikan kembung kaya akan omega 3 yang membantu menurunkan kolesterol jahat atau LDL, tekanan darah dan menjaga elastisitas pembuluh darah. Ikan ini juga merupakan sumber vitamin D yang efektif mengurangi tekanan darah, sehingga mencegah serangan jantung.

Bayam
Bayam diketahui bisa mengurangi enzim tertentu yang berperan dalam memicu penyakit jantung. Sayuran ini juga dipenuhi dengan serat dan vitamin yang menjamin kesehatan jantung.

Alpukat
Alpukat mengandung potasium yang mengendalikan tekanan darah dan irama jantung. Sementara itu, lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat juga menurunkan kadar kolesterol jahat. Karenanya, alpukat termasuk salah satu makanan terbaik yang membantu mencegah serangan jantung.
(Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Waktu Terbaik Menyantap Buah

Inilah Waktu Terbaik Menyantap Buah

Jakarta – Menyantap buah amat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain mengandung vitamin, ...