Jakarta – Mantan Ketua MPR RI Amien Rais mengatakan bahwa Indonesia yang ada saat ini, belum sungguh-sungguh hidup di alam demokrasi. Ia mengutip pernyataan Direktur IRESS Marwan Batubara, sejatinya Nusantara masih hidup di bawah oligarki kekuasaan.

Amien Rais Nilai Reklamasi Teluk Jakarta Tidak Berfaedah untuk Rakyat

Amien Rais

Kondisi yang menggambarkan adanya sejumlah pemimpin di puncak piramida kekuasaan, bekerja bukan untuk kepentingan rakyat. Melainkan untuk meladeni kepentingan kelompok tertentu.

“Dengan kata lain, kelompok oligarki membela rakyat hanya sebagai lip service, pemanis bibir,” kecamnya saat menjadi pembicara kunci dalam Seminar peluncuran buku ‘Usut Tuntas Dugaan Korupsi Ahok: Menuntut Keadilan untuk Rakyat’ di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (23/5/2017).

Padahal, lanjut Amien Rais, sebagian besar kebijakan ekonominya jelas menguntungkan kaum berpunya saja. Malah, dia melihat, pemerintah Tanah Air sekarang semakin merunduk dan membungkuk-bungkuk kepada pebisnis besar dan korporasi asing.

Baca juga; Komisi II DPR Bakal Segera Selesaikan RUU Pemilu Selama 2 Hari

“Contoh kasat mata adalah proyek reklamasi Teluk Jakarta. Itu mencolok mata pemerintah, tetapi mereka memosisikan diri inferior pada pengembang asing yang bertujuan menjarah kekayaan alam Indonesia,” ungkapnya.

Karena itu, dia mendukung agar proyek pembangunan reklamasi Teluk Jakarta itu bisa dihentikan. Sebab, dia percaya proyek tersebut tidak berfaedah untuk rakyat banyak, yang ada hanya untuk keuntungan perusahaan asing.