Home > Gaya Hidup > Sebaiknya Jangan Langsung Tidur Setelah Sahur, Ini Sebabnya

Sebaiknya Jangan Langsung Tidur Setelah Sahur, Ini Sebabnya

Jakarta – Memasuki awal bulan puasa seperti ini biasanya tubuh belum terbiasa sehingga terasa lemas, kurang bertenaga, dan mengantuk. Banyak orang kemudian langsung tidur kembali setelah bangun sejenak untuk melaksanakan sahur.

Sebaiknya Jangan Langsung Tidur Setelah Sahur, Ini Sebabnya

Namun kebiasaan tersebut menurut ahli kesehatan sebaiknya tidak dilakukan karena dapat mengakibatkan gangguan kesehatan yang cukup serius.

“Ada sebagian orang Muslim yang langsung tidur setelah sahur. Hal ini dapat menyebabkan asam lambung balik arah kembali ke kerongkongan yang pada akhirnya bisa menyebabkan masalah pada saluran cerna atas mereka,” terang Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, konsultan penyakit lambung dan pencernaan dari FKUI/RSCM.

Menurut dr Ari, kebiasaan langsung tidur setelah makan sahur dapat menyebabkan refluks asam lambung. Meskipun hal ini bukan merupakan penyakit, namun bisa menimbulkan banyak komplikasi.

GERD (gastroesophageal reflux disease) merupakan gangguan pencernaan yang paling banyak dialami oleh masyarakat di dunia.

dr Ari menjelaskan, gejala khas dari GERD biasanya menimblkan rasa panas di dada seperti terbakar dan seperti ada sesuatu yang mengganjal di dada, atau yag biasa disebut sebagai heartburn.

Gejala lainnya bisa berupa suara serak, radang tenggorokan, serta batuk kering kronis terutama pada malam hari, peningkatan air liur mendadak, bau mulut, sakit telinga, dan nyeri dada.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

Ingin Sehat ? Konsumsi 3 Menu Berikut Ini

Ingin Sehat ? Konsumsi 3 Menu Berikut Ini

Jakarta – Sajian-sajian Lebaran di hari ketiga biasanya sudah kian menipis. Masalah selanjutnya adalah bagaimana ...