New York – Tindakan tegas Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, dalam pemberantasan pencurian ikan yang merusak laut ternyata dikenal luas oleh dunia. Bahkan aktor Hollywood seperti Leonardo DiCaprio pun mengenal sosok menteri wanita, yang tidak segan menenggelamkan kapal pelaku pencurian ikan, atau dikenal dengan istilah Illegal, Unreported, and Unregulated (IUU) Fishing.

Aktor Hollywood Puji Ketegasan Menteri Susi Berantas Pencurian Ikan

Susi Pudjiastuti dan Leonardo di Caprio

Lewat acara World Oceans Day 2017 di kantor PBB, New York, yang diadakan Kamis lalu (8/6/2017), Susi mendapat pujian dari sang aktor.

Gelaran World Oceans Day 2017 dihadiri banyak pembicara kelas dunia yang diundang PBB,seperti Fabien Cousteau (peneliti kelautan), Diego Luna (aktor dan pecinta laut) dan Leonardo DiCaprio (aktor dan UN Messenger for Peace), dan Sir Richard Branson (pengusaha/penjelajah dunia), dan masih banyak lagi.

“Beberapa waktu lalu, sekitar 10.000 kapal secara ilegal masuk ke Indonesia dan mengambil ikan di perairan Indonesia. Ini membuat nelayan lokal terkena dampak buruknya,” ungkap Leonardo dalam pidato yang ditayangkan di acara itu.

“Namun Menteri Perikanan Susi melakukan usaha memberantas kegiatan ilegal itu, dan menjadi pemimpin ke era pengelolaan perikanan yang transparan,” lanjutnya yang tidak hadir di tempat.

Transparan yang dimaksud Leonardo adalah Susi memberikan data kapal (Vessel Marine System) di Indonesia agar bisa diakses oleh Global Fishing Watch. Sehingga kapal-kapal ikan dapat dilacak pergerakannya secara langsung.

Global Fishing Watch merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Google, dan salah satu penyandang dananya adalah yayasan milik Leonardo, dengan tujuan untuk menjaga kelestarian laut.

Baca juga: Santri Tepuk Tangan Mendengar Ketegasan Jokowi Terkait Komunis

“Ini memperlihatkan seorang pemimpin yang berani dan inovatif yang dibutuhkan seluruh dunia,” puji Leonardo yang juga merupakan aktivis kampanye damai PBB. (Yayan – harianindo.com)