Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) baru saja menggelar sidang isbat dalam menentukan 1 Syawal 1438 Hijriah. Namun, jauh-jauh hari sudah muncul prediksi bahwa 1 Syawal akan jatuh pada Minggu (25/6/2017). Oleh sebab itu, malam nanti pasti sudah banyak umat Islam yang melaksanakan takbiran.

Menteri Agama Beri Imbauan Kepada Umat Islam Yang Menggelar Takbir Keliling

Ilustrasi

Diperkirakan, ada juga yang menggelar takbir kelililing. Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin pun berharap agar umat Islam dalam merayakan takbiran tidak merugikan orang lain. Politikus PPP tersebut mengimbau agar takbir keliling tidak mengganggu ketertiban umum hingga memacetkan jalanan.

“Umat Islam dalam menyemarakkan malam lebaran dengan cara takbiran, hendaknya melakukannya di masjid-masjid, musala, lapangan-lapangan, dan tempat-tempat lain yang tidak mengganggu ketertiban umum dan kelancaran lalu lintas di jalan raya,” ujar Lukman, Sabtu (24/6/2017).

Lukam mengugkapkan bahwa takbiran adalah tradisi baik yang patut dipelihara. Oleh sebab itu dia mengajak umat Islam untuk tidak merayakan takbiran dengan menyalakan mercon, kembang api atau hal-hal yang berpotensi menimbulkan bahaya dan kerawanan sosial.

Baca Juga : Besok Sudah Lebaran, Habib Rizieq Tak Kunjung Pulang Ke Tanah Air

“Takbiran harus tetap terjaga kekhidmatannya. Merayakan malam lebaran juga jangan sampai dengan cara hura-hura yang berlebihan dan kelewat batas,” katanya

(bimbim – harianindo.com)