Jakarta – Jenderal Pol Tito Karnavian selaku Kapolri memutasi Kepala Polda Metro Jaya Irjen Muhammad Iriawan menjadi Asisten Operasional Kapolri.

Pelumpuh Dr Azahari Diangkat Sebagai Kapolda Metro Yang Baru

Idham Azis

Saat ini, posisi Kapolda Metro Jaya digantikan oleh Idham Aziz yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri.

Diketahui, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian merombak sejumlah jabatan strategis Polri melalui telegram rahasia nomor ST/1768/VII/2017 tertanggal 20 Juli 2017.

Hal ini kemudian dibenarkan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rikwanto.

Seperti apa sosok dari Idham Aziz ini sehingga dipercaya untuk menjadi Kapolda Metro Jaya yang sekarang?

Pria kelahiran Kendari, Sulawesi Tenggara 54 tahun yang lalu ini adalah seorang perwira polisi yang kemampuan di bidang anti terorismenya membuat Kapolri sempat mempercayakan ia menjabat Kapolda Sulawesi Tengah 2014 yang rawan dengan kelompok bersenjata.

Sosok lulusan Akpol pada tahun 1988 ini juga berpengalaman dalam bidang reserse, jabatan sebelumnya adalah Direktur Tipior Bareskrim Polri. Dirinya termasuk polisi yang mendapatkan kenaikan pangkat yang cukup cepat saat tergabung dalam tim Bareskrim.

Baca juga: KPK Tegaskan Korporasi Bisa Saja Ditetapkan sebagai Tersangka E-KTP

Idham pun memiliiki pengalaman yang cukup lama di Densus 88 Antiteror dengan prestasi melumpuhkan teroris bom Bali, Dr Azahari dan komplotannya di Batu, Jawa Timur pada 9 November 2005 silam. (Yayan – harianindo.com)