Woking – Bos McLaren, Zak Brown, menganggap mobil memainkan peranan yang sangat besar terhadap tim. Pasalnya McLaren dan Honda hanya menyiapkan satu mobil yang terus dikembangkan selama Formula One (F1) musim 2017.

Zak Brown Nilai Mobil Berperan Penting Dalam Persaingan Alonso

Fernando Alonso memang tampil mulus ketimbang rekan setimnya Stoffel Vandoorne, namun hal tersebut semata mata karena masalah mobil yang berbeda. Hal tersebut terjadi karena mesin Honda tidak kompetitif yang membuat tim asal Woking tersebut terseok dalam olahraga.

Mereka tidak sempat memberikan update pada kedua mesin mobil mereka, pasalnya produsen mesin asal Negeri Sakura tersebut belum menemukan resep untuk memperbaiki masalah keandalannya di atas lintasan. Alhasil hanya ada satu mesin mobil saja yang terus mereka kembangkan yakni mesin balap milik Alonso.

Terbukti pembalap berkebangsaan Spanyol tersebut berhasil mengalahkan poin yang telah dikantongi Vandoorne. Oleh sebab itu Brown mengaku faktor mobil sangat berpengaruh besar dibandingkan dengan bakat yang dimiliki pengemudi.

“Mereka tidak selalu memiliki bagian yang sama. Kedua mobil itu terlihat identik, tapi terkadang kami hanya melakukan satu pengembangan. Kesenjangan itu iciptakan oleh mobil dan bukan karena keterampilan pengemudi. Kami sangat puas dengan penampilan Stoffel,” terang Brown sebagaimana diberitakan PlanetF1 pada Rabu (24/1/2018).

“Musim 2017 bukanlah awal yang mudah bagi Stoffel. Karena kami memiliki masalah dengan keandalan mobil, dia adalah seorang pembalap baru yang telah mengendarai beberapa sirkuit untuk pertama kali dalam hidupnya,” lanjutnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)