Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami pemberian uang terhadap Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) nonaktif Rita Widyasari terkait dengan kegiatan dinas sosial (Dinsos) di wilayah kerjanya.

KPK Periksa Rita Widyasari Terkait Pemberian Dana dari Dinsos

“Informasi dari penyidik terhadap tiga orang saksi itu didalami terkait dengan dugaan pemberian terhadap tersangka Rita Widyasari terkait dengan kegiatan Dinas Sosial di Kutai Kartanegara. Jadi, itu yang diklarifikasi lebih lanjut,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, Senin (29/1/2018).

Dia mengemukakan hal itu berkaitan dengan pemeriksaan KPK terhadap tiga saksi, yaitu Kepala Dinsos Kukar Didi Ramyadi, staf kantor Dinsos Kukar Maksum dan Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinas Kukar Aji Abdul Majid.

Adapun tiga saksi itu diperiksa dalam penyidikan tindak pidana korupsi suap pemberian izin lokasi untuk keperluan inti dan plasma perkebunan kelapa sawit di Desa Kupang Baru, Kecamatan Muara Kaman kepada PT Sawit Golden Prima.

Baca juga: Diretas Hacker, Situs Dishub DKI Sudah Kembali Normal

KPK telah menetapkan dua tersangka terkait kasus tersebut, yaitu Rita Widyasari dan Direktur Utama PT Sawit Golden Prima Hery Susanto Gun.

Sementara itu, Hery Susanto Gun diduga memberikan uang sejumlah Rp6 miliar kepada kepada Rita Widyasari terkait pemberian izin lokasi untuk keperluan inti dan plasma perkebunan kelapa sawit di Desa Kupang Baru, Kecamatan Muara Kaman kepada PT Sawit Golden Prima. (Tita Yanuantari – harianindo.com)