Jakarta – Semakin mendekati masa pendaftaran Capres-Cawapres Pilpres 2019, kali ini Partai Demokrat menggelar polling internal menjelang Pilpres 2019. Hasilnya, kader-kader PD cenderung ingin menyokong Prabowo.

Polling Demokrat, Mayoritas Kader Condong Ke Prabowo

Polling ini dilakukan PD sejak tingkat pengurus daerah. Dan Ferdinand Hutahaen selaku Kadiv Advokasi dan Bantuan Hukum DPP PD menuturkan bahwa ada tiga opsi yang dipilih. Tiga opsi tersebut adalah membentuk poros baru, mendukung Joko Widodo, dan mendukung Prabowo Subianto.

Opsi membentuk poros baru kemudian dihapus karena dirasa sulit terwujud. Akhirnya PD hanya menyiapkan dua opsi. Hasilnya?

Saat dimintai keterangan kemarin, dirinya berkata bahwa “Sekitar 58 persen, kalau nggak salah, itu menyatakan ingin berkoalisi dengan Gerindra dan 48 persen (42 persen) menyatakan ingin berkoalisi dengan Pak Jokowi. Ya begitulah dinamikanya di Partai Demokrat,”

Dukungan terhadap Jokowi salah satunya datang dari pengurus PD wilayah Jawa Timur. Sedangkan dukungan terhadap Prabowo salah satunya datang dari pengurus PD wilayah Jakarta.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)