Brno – Pembalap Tim Ducati Corse, Jorge Lorenzo, meraih hasil manis kala mentas di MotoGP Republik Ceko 2018 pada Minggu (5/8/2018) malam WIB. Lorenzo pun membeberkan kunci kesuksesannya bisa finis kedua di Sirkuit Brno, Republik Ceko.

Lorenzo Beberkan Kunci Kesuksesannya di MotoGP Republik Ceko 2018

Jorge Lorenzo

Menurut Lorenzo, hasil manis ini bisa diraih karena dirinya memutuskan untuk mengubah strategi di tengah perlombaan. Hal tersebut dilakukan karena pembalap asal Spanyol itu mengalami beberapa masalah, salah satunya adalah masalah pada ban.

Dengan kondisi ini, Lorenzo pun memutuskan untuk tidak menggunakan strategi awal demi menjaga energi dan meminimalisasi risiko saat balapan. Keputusan yang diambil Lorenzo pun ternyata tepat. Pembalap berjuluk X-Fuera itu bisa tampil gemilang sehingga memastikan diri finis di posisi kedua dengan catatan waktu 41 menit 7,906 detik.

“Dalam perlombaan, saya terpaksa mengubah strategi yang biasa digunakan karena saya mengalami masalah di sisi kanan ban depan kanan. Saya berpikir harus berusaha mempertahankan motor hingga 21 lap,” ujar Lorenzo sebagaimana diberitakan Speedweek pada Senin (6/8/2018).

“Jadi, saya mengemudikan motor dengan cara yang berbeda dari biasanya. Saya tidak mulai begitu baik dan kemudian berpikir, saya akan tinggal selama mungkin di tempat ketiga atau keempat. Jadi, saya bisa terhindar dari masalah ban dan menyimpan energi lebih banyak. Itu adalah strategi baru saya, tetapi taktik ini telah terbayar,” tukasnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)