Kuala Lumpur – Pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, telah memutuskan untuk pensiun di kelas utama MotoGP. Pedrosa yang telah berkecimpung di kelas utama selama hampir 13 tahun itu memilih untuk mengakhiri karirnya pada akhir musim ini. Repsol Honda pun telah menemukan penggantinya yakni Jorge Lorenzo yang akan mereka duetkan dengan Marc Marquez di MotoGP 2019.

SIC Yamaha Akui Pernah Berusaha Boyong Pedrosa untuk MotoGP 2019

Dani Pedrosa

Sebelum memutuskan pensiun dari kelas utama MotoGP, pembalap asal Spanyol itu kerap diisukan akan memperkuat tim lain di MotoGP 2019. Pedrosa sempat dikaitkan dengan rumor kepindahannya ke tim satelit Yamaha musim depan, Petronas Yamaha Sepang Racing Team.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh CEO Sepang International Circuit (SIC), Razlan Razali. Razali sebelumnya mengatakan jika Yamaha membuka pintu untuk kedatangan Pedrosa. Ia menilai The Little Spaniard –julukan Pedrosa – memilik pengalaman yang sangat mumpuni dan sangat cocok berada di tim tersebut.

“Kami ingin pembalap top berada di paddock. Sayangnya itu tidak bisa, karena secara fisik dan mental belum siap untuk ini, kami tidak bisa berbuat apa-apa. Kami tidak bisa memaksanya, tetapi ada juga yang kecewa. Kami sempat berusaha untuk mendatangkan Dani (Pedrosa), tapi semua belum bisa terwujud,” ungkap Razali sebagaimana diberitakan Marca pada Jumat (31/8/2018).

Akan tetapi, usaha Petronas Yamaha untuk membawa Pedrosa sebagai pembalap utama mereka sepertinya menemui jalan buntu, sebab sang pembalap lebih memilih untuk pensiun dan mengakhiri kariernya di kelas utama pada akhir musim ini.