Sochi – Pembalap Tim Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton, gagal meraih pole position saat sesi kualifikasi Formula 1 (F1) GP Rusia di Sirkuit Sochi Autodrom pada Sabtu 29 September 2018, malam WIB. Pasalnya, Hamilton hanya mampu menempati posisi kedua dengan catatan waktu 1 menit 31,673 detik.

Hamilton Layangkan Pujian kepada Bottas di Kualifikasi GP Rusia 2018

Lewis Hamilton

Sementara itu, pole position menjadi milik rekan setimnya yakni Valtteri Bottas yang bisa mencatatkan waktu 1 menit 31,528 detik. Kendati kalah dari rekan setimnya itu, tetapi Hamilton tidak kecewa justru dia memuji penampilan dari Bottas pada kualifikasi F1 GP Rusia 2018.

Selain itu, Hamilton pun turut mengungkapkan penyebab dia gagal meraih pole position di kualifikasi F1 GP Rusia adalah karena kesalahan yang dibuatnya. Menurut Hamilton, pada dua lap terakhir dia tidak tampil maksimal sehingga catatan waktunya kalah dari Bottas.

Kendati demikian, Hamilton tidak berputus asa dengan hasil kualifikasi F1 GP Rusia yang diraihnya itu. Pembalap asal Inggris itu tetap yakin bisa meraih hasil terbaik pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Sochi Autodrom.

Maklum saja, hasil terbaik dari F1 GP Rusia memang sangat dibutuhkan Hamilton agar bisa memantapkan posisinya di puncak klasemen sementara F1 musim ini. Selain itu, tambahan poin dari F1 GP Rusia juga akan menjauhkan Hamilton dari kejaran pembalap Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel, yang ada di posisi kedua pada klasemen sementara saat ini.

“Valtteri (Bottas) melakukan pekerjaan yang lebih baik. Itu sangat alami, tetapi dua lap terakhir saya tidak istimewa dan Anda tidak bisa selalu melakukannya dengan benar. Setidaknya kita masih bertarung saat balapan,” ungkap Hamilton sebagaimana diberitakan Irishtimes pada Minggu (30/9/2018). (Tita Yanuantari – harianindo.com)