Phillip Island – Tim Ducati Corse akhirnya membuat keputusan untuk mencari pengganti Jorge Lorenzo untuk mentas di MotoGP Australia 2018 yang berlangsung di Sirkuit Phillip Island pada 28 Oktober 2018 pagi WIB. Posisi Lorenzo pun akan digantikan pembalap tim satelit Ducati dari Angel Nieto yakni Alvaro Bautista.

Ducati Beberkan Alasan Cari Pengganti Lorenzo di MotoGP Australia 2018

Jorge Lorenzo

Akan tetapi keputusan tersebut jelas bukan tanpa alasan. Ada sedikit permasalahan kecil mengapa Ducati harus mencari pengganti Lorenzo meski pada dua balapan sebelumnya mereka tidak memiliki pembalap alternatif untuk menggantikan posisi X-Fuera –julukan Lorenzo.

Berbeda dengan Thailand dan Jepang, kali ini situasi berbeda dialami Ducati bersama Lorenzo. Pada Thailand, Lorenzo yang telah membawa rasa cedera di Aragon kembali mengalami insiden di sesi latihan bebas kedua dan membuatnya cedera cukup parah di tangan kirinya. Alhasil dia memutuskan mundur untuk tidak balapan.

Sedangkan di Jepang, pembalap berpaspor Spanyol itu sempat melakoni sesi latihan bebas pertama. Namun, setelah satu putaran, ia memiliki rasa sakit yang tidak tertahankan. Maka dari itu, ia kembali memilih mundur dari balapan.

Sementara itu, di Australia, Lorenzo sejatinya memiliki harapan untuk tampil karena cederanya dianggap sudah berkurang. Namun, rencana tersebut langsung ditolak pihak Ducati untuk menghindari situasi yang sama seperti di Thailand dan Jepang terjadi lagi.

Menurut kontrak Dorna, Ducati harus kembali melakoni balapan di Australia bersama dua pembalap. Terlebih pihak Ducati ternyata telah menandatangani untuk kembalinya Lorenzo di Phillip Island yang dilakukan pada Sabtu pekan lalu di Motegi.

“Benar-benar tidak ada kesempatan bagi Lorenzo bisa balapan di sana. Jadi kami harus menggantinya. Semoga dia kembali ke Malaysia pada 4 November. Kami belum memutuskan apa yang akan kami lakukan di Australia,” ungkap Manajer Media MotoGP untuk Ducati Corse, Julian Thomas, sebagaimana diberitakan Speedweek pada Kamis (25/10/2018).