Jakarta – Sebelum mengubah warna rambut menjadi berwarna, sebaiknya Anda memahami beberapa perawatan yang harus dilakukan dengan konsisten. Itu karena cara merawat rambut dengan warna asli tentu berbeda dengan perawatan rambut berwarna.

Inilah Beberapa Tip untuk Merawat Rambut Berwarna agar Tahan Lama

Jika rambut diwarnai, Anda wajib menghindari beberapa faktor, seperti paparan sinar Matahari, klorin, air mandi dan air laut. Hal tersebut dapat memengaruhi kondisi rambut berwarna dan membuat warnanya pudar.

Lantas, bagaimana cara tepat menjaga warna cat rambut agar tahan lama? Hair stylist, Rendy Atmadja dari Salon Double Hair Studio membagi beberapa tipsnya belum lama ini.

1. Ganti sampo
Usai memutuskan untuk mengganti warna rambut, pastikan Anda mengganti seluruh produk perawatan rambut harian, seperti sampo, conditioner, hingga masker dengan produk khusus rambut berwarna.

Sampo, conditioner dan masker khusus rambut berwarna dapat menahan warna pada rambut agar tidak cepat luntur.

2. Jangan sering keramas
Jangan terlalu sering mencuci rambut (keramas). Air dapat membuat warna rambut Anda cepat luntur. Bagi Anda yang memiliki kebiasaan keramas setiap hari karena rambutnya berminyak dapat menyiasatinya dengan mencuci rambut menggunakan sampo, namun jangan sampai terkena akar rambutnya. Diperbolehkan hanya sampai pada batang rambut saja.

Hal terpenting adalah saat memberi sampo, rambut jangan banyak dikucek. Itu akan membuat warna yang menempel pada rambut akan cepat pudar. Keramaslah secara perlahan.

3. Perawatan ekstra
Sebisa mungkin hindari creambath. Mengapa? Karena kondisi batang rambut yang diwarnai cenderung lebih sensitif sehingga mudah patah dan kusam.

Creambath seperti diketahui banyak menggunakan teknik pijat yang dapat memberi efek relaksasi pada kulit kepala, namun ternyata hal tersebut tidak cocok untuk batang rambut yang sensitif.
(Tita Yanuantari – harianindo.com)