Jakarta – Haedar Nashir selaku Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah berharap di masa tenang besok para elit politik besera pendukungnya mau menurunkan suhu politik yang terus memanas.

Ketum Muhammadiyah Sampaikan Harapannya di Masa Tenang Jelang 17 April

Saat dimintai keterangan, beliau menuturkan bahwa “Kami berharap kepada kontestan, baik capres, pendukung dan tim sukses untuk memanfaatkan waktu yang terakhir jelang pemilihan itu benar-benar menciptakan suasana yang damai, bersatu dan bisa menurunkan tensi politik,”

“Maklum selama kampanye gesekan terjadi, adu argumentasi yang keras terjadi, bahkan mungkin saling hujat juga terjadi. Maka di waktu masa tenang, semua betul-betul tenang, tidak ada pergerakan yang membuat suasana tidak kondusif,” jelasnya.

Dia juga meminta kepada penyelenggara pemilu agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Kedua lembaga negara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) punya tanggungjawab dalam proses demokrasi.

“Penyelenggara pemilu betul-betul seksama menjalankan tugasnya sesuai dengan konstitusi. Bawaslu juga menjalankan fungsi kontrol, berdiri tegak di atas semua golongan dan kontestan. Baik KPU maupun Bawaslu harus bersikap adil,” ucapnya.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)