Jakarta – Anies Baswedan, selaku Gubernur DKI Jakarta menyatakan bahwa pada tahun 2022 seluruh gedung pemerintahan provinsi DKI Jakarta sudah terpasang panel surya sebagai sumber alternatif listrik.

“Untuk tahun 2022 seluruh gedung pemerintah provinsi sudah terpasang panel surya,” ujar Anies saat ditemui di Lapangan Silang Monas, Rabu 7 Agustus 2019.

Menurut Anies program tersebut sudah dimulai sejak 2018 dengan memasang surya panel di sekolah-sekolah. Saat ini kata dia sudah banyak sekolah yang menggunakan panel surya tersebut. Anies mengatakan solusi alternatif sumber listrik sangat dibutuhkan, ditambah dengan adanya pemadaman listrik dengan rentang yang cukup lama beberapa waktu lalu.

“Pemadaman listrik kemarin kita terasa kebutuhan akan generator listrik yang digerakkan oleh tenaga surya, bayangkan kemarin banyak yang sudah menggunakan mungkin tidak ada masalah,” ujarnya.

Program panel surya dicantumkan oleh Anies dalam Instruksi Gubernur DKI Jakarta nomor 66 tahun 2019 tentang pengendalian udara. (NRY-harianindo.com)