Jakarta – Rencana pemindahan ibu kota baru tepat di Kalimantan Timur (Kaltim). Lokasi tersebut tepat berada di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara.

Diperkirakan bahwa lokasi ibu kota baru itu akan sulit mendapatkan pasokan air bersih. Namun hal itu dibantah oleh Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor. Justru menurutnya air bersih jadi keunggulan dari lokasi itu.

“Justru salah satu pertimbangan yang ideal adalah sumber airnya. Di sana banyak, danau banyak,” ujarnya

Isran menyatakan akan ada pasokan air bersih yang dari danau yang akan disalurkan ke Balikpapan. Sumber air itu bisa disalurkan ke wilayah ibu kota baru itu.

Rencananya sumber air bersih baru itu akan dikelola oleh PT ITCI Kartika Utama. Perusahaan itu merupakan milik Prabowo Subianto.

“Ada yang mau dibangun lagi danau yang mau suplay bahan baku air ke Balikpapan. Itu dibangun PT ITCI ya, yang punya Prabowo. Itu kapasitasnya 6 ribu liter lebih per detik, itu kan bisa mensuplai,” tambahnya.

Selain itu dia menggelak bahwa ibu kota baru rawan banjir. Sebab lokasinya berada di ketinggian 55 meter di atas permukaan laut. (NRY-harianindo.com)