Jakarta – Zulkifli Hasan, selaku Ketua MPR RI meminta agar pemerintah tetap berhati-hati dalam menyelesaikan kerusuhan yang terjadi di Papua. Menurut Zulkifli pemerintah tak boleh salah langkah.

“Saya minta pemerintah hati hati, sekali lagi hati-hati ini Papua itu kan multidimensi. Jangan sampai salah langkah, jangan sampai salah arah,” kata Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (29/08/2019).

Zulkifli menilai bahwa aksi unjuk rasa dengan mengibarkan bendera bintang kejora. Ia menyoroti tidak ada tindak tegas dari aparat keamanan.

“Ini sejak 15 tahun terakhir, baru kali ini bendera bintang kejora berkibar. Tapi tidak ada tindakan serius dari aparat kemanan khususnya TNI-Polri,” ujarnya.

Menurut Zulkifli masalah di Papua sudah melebar ke luar negeri. Untuk itu ia meminta pemerintah fokus pada satu masalah di Papua, dan menunda pembahasan urusan yang lain.

“Jadi sekali lagi, pemerintah harus fokus ke salah satu masalah, seperti Papua ini. Yang dianggap belum perlu, tunda dulu misalnya soal Ibu kota ya,” pungkasnya.

Aksi demonstrasi tak hanya di Papua, sejumlah massa dari Aliansi Mahasiswa Anti Rasisme, Kapitalisme, Kolonialisme dan Militerisme, menggelar aksi unjuk rasa di depan Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (28/08/2019). (NRY-harianindo.com)