Jakarta- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mewacanakan untuk memindahkan Ibu Kota Provinsi Jawa Barat dari Kota Bandung. Seperti latah akan wacana Presiden Joko Widodo memindahkan Ibu Kota dari Jakarta ke Kalimantan.

Wacana tersebut menuai kontroversi di kalangan masyarakat. Pengamat Politik asal Unpad, Muradi beranggapan bahwa Bandung masih layak untuk menjadi Ibukota Provinsi Jawa Barat.

“Bagi saya yang bukan lahir di Bandung menilai Bandung itu masih normal. Sibuknya tidak seperti di Jakarta,” ujar Muradi, Kamis (28/09).

Menurut Muradi, wacana pemindahan ibu kota provinsi harus melalui beberapa tahap pengkajian seperti dampak positif maupun negatif ke depannya. Isu pemindahan ibu kota provinsi ini menurutnya masih belum terlalu urgent dibandingkan konteks nasional.

Dia melanjutkan bahwa Ridwan Kamil harusnya fokus terhadap sarana penunjang infrastruktur dibandingkan hanya sekedar memindahkan ibu kota provinsi.

“Jadi infrastruktur itu yang saya kira penting. Itu semua perlu dilakukan dalam tahapan yang sifatnya maksimal. Baru dari situ kita berbicara perpindahan,” tuturnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengklaim sudah mendapat persetujuan untuk mengkaji wacana pemindahan ibu kota provinsi dari DPRD Jabar. Beberapa lokasi sudah di kantongi sebagai calon Ibukota baru Jawa Barat. (Hr-harianindo.com)