Jakarta – Dedi Prasetyo, selaku Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Polisi menggelak adanya aksi sweeping yang dilakukan aparat kepolisian ke asrama-asrama mahasiswa Papua di Indonesia.

Dedi mengaku bahwa aparat kepolisian kekinian menjamin keamanan mahasiswa Papua yang tengah menuntut ilmu. Dedi mengatakan hal tersebut ketika ia memberi tanggapan atas pernyataan Nelson Simamora.

“Tak benar, tidak benar, justru Polri jamin keamanan seluruh mahasiswa Papua yang sedang tuntut ilmu,” kata Dedi di Gedung Divisi Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (02/09/2019).

Dedi memberi peringatan kepada LBH Jakarta untuk berhati-hati dalam memberikan informasi.

“Sweeping dasarnya apa nanti LBH buat berita hoaks, nanti bisa kami pidanakan loh dia (LBH). Dasarnya apa faktanya dia, di mana laporkan kalau ada polisi seperti itu,” katanya.

Nelson Simamora, selaku Kepala Advokasi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, menyoroti bahwa seharusnya aparat kepolisian mengambil langkah inisiatif dalam menyeleksi konflik di Papua dengan upaya dialog dan damai. Bukan justru melakukan sweeping ke sejumlah asrama dan menangkap mahasiswa Papua dengan sewenang-wenang.

“Kami menghkhawatirkan upaya berlebihan yang dilakukan kepolisian yang dapat memperburuk masalah terkait Papua yang yang tengah terjadi,” kata Nelson. (NRY-harianindo.com)