Jakarta – Mamat Alkatiri, selaku Komika asal Papua Barat menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memiliki niat baik dalam menyelesaikan kasus kerusuhan yang terjadi di beberapa wilayah Papua.

Menurut Mamat Alkatiri, warga Papua sudah membalas kebaikan Jokowi ketika Pilpres 2019 lalu. Mamat Alkatiri mengatakan hal itu dalam tayangan unggahan kanal YouTube Indonesia Lawyers Club, Selasa (03/09/2019).

“Saya komedian, yang selalu menertawakan hal-hal dalam kehidupan, tapi hari ini sedih karena yang di atas bapak-bapak kita bertengkar, yang di bawah juga bertengkar, jadi bingung sebenarnya saya,” ucap Mamat Alkatiri.

Mamat Alkatiri mengatakan bahwa peristiwa persekusi kepada rakyat Papua sebenarnya bukan hal baru dan bahkan sudah ia alami sejak dahulu.

“Ini kan bukan kejadian pertama sebenarnya, kita kan tiap tahun, tiap tahun akan membicarakan soal Papua seperti ini terus.”

“Dari sudah lama masalah rasisme, saya dari 2010 saya sudah alami itu, persekusi saya sudah alami itu,” ungkap Mamat Alkatiri.

Di sisi lain, Mamat Alkatiri tidak sependapat dengan saran pemerintah agar warga Papua memaafkan begitu saja lantaran sejak dahulu memang sudah memaafkan tapi kejadian ini terus berulang. (NRY-harianindo.com)