Jakarta – Viralnya nama perusahaan software Kontool di Indonesia menarik bahasan dari negara asalnya, Jerman. Bahkan ada beberapa media di sana yang melaporkan kehebohan online tersebut.

Salah satunya B.Z Berlin “Perusahaan dari Kleinmachnow memicu hype dengan perangkat lunak Kontool di Indonesia” tulis mereka. Markas besar Kontool memang berada di wilayah Kleinmachnow di dekat Berlin.

“Kata itu telah menyebar ke lebih dari 260 juta orang di negara kepulauan itu, ada banyak komentar lucu di halaman Facebook Kontool. Seorang pria merekomendasikan: Perusahaan Anda harus datang ke Indonesia. Kontool sangat populer di sini. Saya pikir kebanyakan orang akan menyukai produk Anda,” tulis mereka.

Adapun media Postdamer Neustee Nachricten melaporkan berita yang senada. “Perusahaan menanggapi hype tersebut dengan humor. Mereka mendengar tentang hal itu ketika jumlah klik untuk akun Facebook “Kontool” telah melonjak pada hari Jumat dan kebanyakan datang dari Indonesia,”

“Indonesia menertawakan perusahaan dari Brandenburg,” demikian judul yang diketengahkan oleh media Berliner Beitung. Sementara Markische Allgemeine membahas bagaimana di Indonesia, nama Kontool berarti sesuatu yang sama sekali berbeda. “Karena nama produknya, perusahaan Brandenburg telah menjadi sensasi di Indonesia yang jaraknya 10 ribu kilometer,” ungkap mereka.

Seperti diberitakan, Kontool membuat software untuk melakukan analisa terhadap keuangan perusahaan. Entah siapa yang pertama kali memulainya, halaman Facebook Kontool sejak pekan lalu dipenuhi komentar netizen asal Indonesia yang melontarkan komentar terhadap nama aplikasi tersebut.

Pihak Kontool sendiri pada akhirnya menyadari hal ini. Mereka pun menanggapi komentar netizen lewat postingan di Facebook dan menjelaskan arti Kontool sebenarnya dalam bahasa Jerman.

“Kini kami menyadari arti Kontool dalam bahasa kalian. Kontool berasal dari dua kata, konto dalam bahasa Jerman yang berarti akun dan tool,” tulis mereka.

“Ketika produk kami merambah ke negara kalian, mungkin perlu mempertimbangkan nama baru untuk pasar di sana. Namun saat ini kami ingin menguasai pasar Jerman terlebih dahulu. Salam dari Berlin untuk Indonesia,” tandas pihak Kontool. (Hr-harianindo.com)