Jakarta – Sejak menikah, pesinetron Giovanni Tobing memutuskan untuk menjadi seorang muslim atau mualaf. Belum lama mendalami Islam, tentu muncul banyak pertanyaan dari dalam dirinya.

Dalam sebuah video yang diunggah di YouTube, terlihat Giovanni mengikuti sebuah kajian bersama Ustaz Abdul Somad (UAS). Tanpa ragu, ia pun mengajukan tiga pertanyaan yang menjadi keresahannya setelah memutuskan untuk menjadi seorang muslim.

“Saya seorang mualaf, saya memeluk Islam setelah menikah dan saya merasa Islam adalah agama yang luar biasa. Waktu sebelum memeluk agama Islam, saya ke gereja setahun sekali saja sudah bersyukur tapi saya bertransformasi menjadi seseorang yang berusaha untuk menjadi lebih baik di Islam sampai bisa salat lima waktu dan mempelajari hal lain-lain,” ujar Giovanni membuka pertanyaannya kepada UAS dalam video YouTube ASWAJA TV, Kamis, 5 September 2019.

Kemudian ia mengungkapkan keresahannya selama ini. Pertama, ketika buah hatinya menanyakan bunyi bacaan dalam kitab suci Alquran. Keresahan keduanya adalah mengenai bagaimana mencari guru yang cocok untuk dapat menuntunnya ke jalan yang benar.

“Saya rasa saya harus mulai belajar mengenai Islam, mengenai surat dan lain sebagainya. Pentanyaan saya yang mungkin ini juga adalah keresahan hati saudara kita yang mualaf, bagaimana kita tahu kita memilih guru? Caranya memilih guru untuk memandu kita supaya kita tidak berada di jalan yang salah, dan kalau kita sudah memilih bagaimana kita tahu guru pilihan kita itu benar?” tanyanya.

Pertanyaan ketiga, Giovanni menanyakan terkait dengan mazhab yang cocok untuk dipilih oleh dirinya sebagai mualaf.

“Yang ketiga saya ada sedikit tahu di dalam Islam ada beberapa mazhab. Mazhab apa yang kira-kira bisa dan cocok untuk saya memilihnya,” sambung dia.

UAS pun langsung menjawab pertanyaan dari Giovanni dengan terlebih dahulu meminta doa. (Hr-www.harianindo.com)