Banjarmasin – Banyak orang pasti merasa tak senang tatkala mendapat surat tilang dari polisi lalu lintas (Polantas). Akan tetapi, ada seorang pria yang berani pasang kuda-kuda dan unjuk jurus silat. Kejadian tersebut direkam dalam sebuah video yang baru-baru ini viral di jagat maya. Rupanya, peristiwa tersebut terjadi di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

“Betul, kejadiannya di wilayah Polresta Banjarmasin,” kata Kabid Humas Polda Kalimantan Selatan Kombes M Rifai pada Sabtu (07/09/2019).

Berdasarkan penuturan Rifai, peristiwa tersebut terjadi pada saat Operasi Patuh 2019 di Banjarmasin. Memang, operasi yang dilaksanakan secara serentak di Indonesia tersebut memang mengincar para pengendara roda dua yang melanggar tata tertib berlalu lintas.

Entah bagaimana, pada suatu siang petugas Polresta Banjarmasin memeriksa seorang pemuda yang mengendarai sepeda motor. Diduga tak membawa kelengkapan yang harusnya ada saat berkendara, pemuda ini justru pasang kuda-kuda. Ia bersikap dan melakukan serangkaian gerakan silat.

“Razia kan difokuskan kepada kendaraan roda dua, kita arahkan masuk ke lapangan, setelah itu diperiksa satu-satu, termasuk yang pengendara ini yang mengeluarkan jurus silat, Mungkin kelengkapannya tidak ada, ada yang kurang, karena merasa bersalah sehingga dia mengalihkan perhatian ke kegiatan tadi, maksudnya supaya terhindar dari tilang,” tutur Kombes Rifai.

Mengenakan jaket dan tas ransel, “pendekar” tersebut seolah tak ada yang menghadang tatkala dirinya mempraktekkan jurus silatnya tersebut. Dalam video tersebut, nampak para petugas kepolisian menonton aksi tak lazim tersebut.

Meski demikian, rupanya “jurus tolak tilang” yang diperagakan oleh pemuda tersebut tak membuahkan hasil. Petugas dari Polresta Banjarmasin tetap memberikan tilang kepada pemuda yang hingga kini belum terungkap identitasnya.

“Tetap dilakukan tindakan tilang, penilangan,” ujar Kombes Rifai. (Elhas-harianindo.com)