Jakarta – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) merenovasi kantor, oleh karena itu PSI membutuhkan banyak dana. Demi mengumpulkan dana tersebut PSI menggalang dana di media sosial alias crowd funding. Dana yang diperlukan untuk renovasi kantor diestimasikan sebesar Rp 2 juta per meter.

“Ada beberapa hamba Allah yang sumbang tempat bekerja untuk @psi_id sekitar 1000 meter selama 5 tahun. Sekarang kami perlu bantuan untuk renovasi interior, sekitar Rp 2 juta per meternya,” tulis Sekretaris Jenderal PSI, Raja Juli Antoni melalui akun Twitternya @AntoniRaja, pada Kamis 5 September 2019.

Antoni menilai bahwa saat ini mereka tengah mengumpulkan dana untuk renovasi kantor. Gedung kantornya sendiri ia akui merupakan hasil dari cara yang sama.

Cuitan Antoni dinilai negatif warganet. @tonyfathony2 misalnya mengatakan “Gak malu, parpol minta sumbangan ke warga?” Selain itu ada @rizalcreative yang berkomentar “Pura-pura miskin, pemilu kemarin PSI APK nya paling melimpah ruah.”

Antoni memandang bahwa crowd funding merupakan hal biasa di dalam demokrasi dengan demokrasi yang mapan. Antoni beranggapan bahwa saat ini hasilnya cukup baik. Pada hari pertama dibuka terkumpul sebanyak Rp 8 juta.

“Lumayan, hari pertama sudah banyak yang nyumbang,” kata dia. (NRY-www.harianindo.com)