Jakarta – Timnas U-16 Indonesia dipastikan lolos ke Piala Asia U-16 sebagai runner-up terbaik. Piala Asia U-16 akan digelar di Bahrain pada tahun 2020.

Kepastian lolos dikantongi pasca anak asuh Bima Sakti bermain imbang 0-0 dengan China pada laga terakhir kualifikasi Grup G. Pertandingan antara timnas U-16 Indonesia vs China berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (22/09/2019) malam.

Dengan hasil tersebut, maka China sudah pasti menjadi pemanang pada grup G dengan total perolehan 10 poin.

Poin yang sama juga diraih Indonesia yang bertengger pada posisi kedua. Kendati demikian, Indonesia mengalami kekalahan dalam selisi gol. Pada tiga laga sebelumnya, Indonesia menang 4-0 atas Filipina, 15-1 atas Kepualauan Mariana Utara, dan 8-0 atas Brunei.

Adapun China menang 7-0 atas Brunei, 6-0 atas Filipina, dan 15-0 atas Kepulauan Mariana Utara. Hanya terdapat empat negaran yang berhak lolos sebagai runner-up terbaik. Selain Indonesia, tiga negara lainnya yang lolos adalah Uzbekistan, Vietnam, dan Thailand.

Indonesia berada di posisi teratas daftar runner-up terbaik lantaran memiliki poin tujuh dan selisih gol 12.

Uzbekistan bertengger pada peringkat kedua. Mereka pun memiliki poin tujuh, tetapi kalah selisih gol dibandingkan Indonesia (memiliki selisih 3). Di bawah Indonesia dan Uzbekistan ada Vietnam dan Thailand, yang sama-sama meraih enam poin setelah melakoni tiga pertandingan.

Dua negara tersebut memiliki poin dan selisih gol yang sama (memasukkan 10 dan kemasukkan dua gol) setelah sama-sama mendapatkan sekali kemenangan dan sekali kalah. (Hr-harianindo.com)