Hanoi- Tak diragukan lagi, permasalahan polusi plastik harus segera ditangani. Untuk mengatasinya, seorang warga Vietnam melakukan inovasi dengan membuat sedotan biodegradable yang dapat dengan mudah terurai secara alami.

Sedotan biodegradable itu diklaim sebagai salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan sampah plastik yang terjadi di dunia.

Tran Minh Tien adalah seorang warga Vietnam yang memiliki gagasan dan sebagai inisiator dari inovasi tersebut. Dia membuat sedotan yang terbuat dari bahan sejenis rumput yang berkembang biak di wilayah Delta Mekong, Vietnam. Rumput itu dikenal dengan nama latin Lepironia articulata.

Tak hanya dapat terurai secara alami, bahkan sedotan juga diklaim tidak mengandung unsur kimia sama sekali.

Mengutip UNILAD, dalam sebuah wawancara dengan VN Express International, Tran menerangkan bahwa proses pembuatan sedotan. Dimulai dengan mengumpulkan rumput, mencuci, hingga memotongnya menjadi sedotan sepanjang 20 sentimeter.

Bagian dalam batang rumput itu kemudian dibersihkan dengan menggunakan alat berbahan logam. Setelah bagian dalam dirasa bersih, sedotan rumput itu dicuci kembali.

Kini, sedotan ramah lingkungan tersebuat sudah bisa digunakan oleh masyarakat. Tran menjualnya melalui situs resminya OungHutCo.

Puluhan sedotan diikat menjadi satu dan dibungkus dengan daun pisang. Tran menyediakan dua versi sedotan: segar dan kering. Sedotan versi kering dibuat dengan dikeringkan di bawah sinar matahari selama beberapa hari untuk kemudian dipanggang di dalam oven.

Dalam situs resminya, Tran mengungkapkan bahwa sedotan segar bisa bertahan selama dua pekan jika disimpan di dalam suhu ruang. Sementara sedotan kering dapat bertahan hingga enam bulan jika disimpan dalam suhu ruang.

Tran menjelaskan bahwa sedotan ini dirancang untuk digunakan sekali pakai di sejumlah rumah makan. Namun, Tran mempersilakan konsumen individu untuk menggunakannya berkali-kali.

“Setelah setiap kali digunakan, bersihkan sedotan dengan air garam dan tiriskan,” kata Tran. (Hr-harianindo.com)