Jakarta – Meski tak berhasil meraih tiga poin penuh dalam laga kontra Tiongkok, Timnas Indonesia U-16 dinyatakan lolos ke babak final Piala Asia U-16 2020 lantaran menjadi runner up kedua.

Sebelumnya, Garuda Muda menjamu Tiongkok di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Minggu (22/09/2019) kemarin. Dalam pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16 itu, Indonesia hanya mampu bermain imbang dengan skor 0-0.

Dengan demikian, perolehan poin terakhir Indonesia dan Tiongkok di Grup G sama-sama 10. Akan tetapi, selisih gol yang lebih tinggi membuat Tiongkok berada di nomor urut pertama. Sementara Indonesia berada di urutan kedua. Meski demikian, kedua timnas sama-sama lolos ke babak final.

Baca Juga: Imbangi China, Indonesia Lolos Ke Piala Asia U-16

Nantinya, babak final Piala Asia U-16 akan diselenggarakan di Bahrain. Tak hanya menjadi wakil Indonesia, Garuda Muda juga menjadi satu-satunya tim asal ASEAN.

Indonesia bersama 15 timnas lainnya akan berlaga memperebutkan posisi terbaik di babak puncak. Dalam babak yang akan digelar pada Maret 2020 tersebut, diberlakukan sistem pot.

Untuk Pot 1, sang tuan rumah Bahrain akan ditemani oleh Jepang, Tajikistan, dan Korea Selatan. Di Pot 2, Indonesia akan bersaing bersama Australia, Korea Utara, dan India.

Pot 3 akan diisi oleh Iran, Yaman, Oman, dan Arab Saudi. Sedangkan Pot 4 dihuni oleh Tiongkok, Uzbekistan, Qatar, Uni Emirat Arab. (Elhas-harianindo.com)