Jakarta – Water cannon disiagakan di depan gedung DPR guna pengamanan aksi demo. Pasalnya paraahasiswa hingga petani rencananya akan menyelenggarakan demonstrasi di depan gedung DPR hari ini.

Tepat pukul 10.15 WIB, nampak kawat berduri sudah dipasang di sisi depan gedung DPR. Kendaraan taktis seperti water cannon juga siaga di lokasi. Selain itu, pagar gedung DPR yang sempat jebol kini telah diperbaiki. Terlihat juga sejumlah coret-coretan di pagar bagian depan gedung DPR.

Mahasiswa yang menggelar demo menamakan dirinya ‘Aliansi Mahasiswa Indonesia Tuntut Tuntaskan Reformasi’ bakal kembali menggelar demonstrasi hari ini.

Para pendemo menuntut dibuatnya peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) setelah revisi UU KPK disetujui DPR ditolak Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Tentunya kita akan kembali turun ke jalan dengan jumlah mahasiswa yang lebih banyak lagi,” kata wakil presiden mahasiswa Universitas Trisakti Dheatantra Dimas.

Selain itu, massa dari Serikat Petani Indonesia (SPI) berencana menyelenggarakan demonstrasi di depan gedung DPR.

Para pendemo menilai pengesahan sejumlah RUU yang dianggap bermasalah seperti RUU Pertanahan, Sistem Budidaya Pertanian Berkelanjutan hingga RUU Perkoperasian. (NRY-harianiindo.com)