Surabaya – Demonstrasi penolakan terhadap rencana DPR dan pemerintah yang mengesahkan sejumlah RUU terjadi diberbagai wilayah. Tepat pada hari Kamis (26/09/2019) demo akan diselenggarakan di Surabaya.

Agung Tri Putra, selaku Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Airlangga Surabaya menyatakan bahwa pihaknya tengah melakukan konsolidasi dengan sejumlah organisasi mahasiswa dari berbagai kampus.

“Teman-teman yang gabung sudah ada BEM ITS, teman-teman (Universitas) Trunojoyo. Insyaallah semua BEM nanti turun. Kita konsolidasi dengan teman-teman BEM,” kata Agung, saat dikonfirmasi, Senin (23/09/2019).

Agung mengungkap bahwa aksi tersebut akan diikuti oleh sejumlah organisasi mahasiswa ekstra kampus dan kelompok sipil pro demokrasi lainnya.

Agung meyakini bahwa jumlah massa akan mencapai ribuan orang.

“Saya yakin semuanya satu isu, karena ini benar-benar darurat dan pemerintah itu menghilangkan demokrasi dalam 11 hari kemarin. Masyarakat sudah melihat ke mana pemerintah berpihak,” katanya.

Di sisi lain, Ongki Fahrurrozi, selaku Presiden BEM Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (Uinsa) Surabaya, mengatakan bahwa pihaknya juga akan menyelenggarakan aksi unjuk rasa di Gedung DPRD Jatim, Surabaya, pada Kamis mendatang.

“Kamis kita juga satukan simpul sama mereka. Nanti kita konsolidasikan lagi. Kita konsolidasi dengan BEM Unair, Uinsa, Unesa, finalisasinya nanti malam. Kita pastikan (Kamis) turun ke jalan,” kata dia. (NRY-harianindo.com)