Jakarta – Beragam aksi dilakukan oleh masyarakat guna menuntut pencabutan rancangan perundang-undangan. Tindakan penolakan tersebut bahkan dilakukan oleh ratusan pelajar SMK dan SMA.

Para pelajar menggelar aksi demo di depan Gedung DPR RI, Rabu (25/09/19). Adanya aksi tersebut memunculkan tagar #STMmelawan. Tagar tersebut trending topic di jejaring sosial Twitter.

Beredar pula di media sosial berupa video yang berkaitan dengan aksi demo, viral di jejaring sosial Twitter. Video ini diunggah oleh akun @Rusdi_riau40.

“VIRAL : Mahasiswa Sumbar turunkan foto Jokowi pakai tali dan dilempari di Kantor DPRD Sumbar. Hidup Mahasiswa #AyoSemuaBergerak #STMmelawan,” demikian keterangan video yang diunggah itu, Rabu (25/09/19).

Dalam video yang berdurasi 40 detik ini, nampak beberapa mahasiswa naik ke lantai 2 Gedung DPRD Sumatera barat. Mereka menggantung foto Presiden Jokowi dengan menggunakan tali dan diturunkan ke lantai bawah, diiringi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

“Bener yang jadi fokus RUU KPK & RUKHP DPR, tapi presiden menolak membatalkan. Berati apa, Jokowi mengesahkan! #TurunkanJokowi #HidupMahasiswa #STMmelawan,” cuit @yo_arvi.

“Ini sih namanya belum move on dari Pilpres, kembali ke fokus awal menolak RUU KUHP,” cuit @Gianagigi1. (NRY-harianindo.com)