Jakarta – Pengamat menilai, China mempunyai kekuatan teknologi di bidang kecerdasan buatan, robot, penyimpanan energi, jaringan 5G, sistem informasi kuantum, dan bioteknologi.

Seperti diketahui bahwa saat ini China dianggap hampir setara dengan Amerika Serikat (AS). China memiliki banyak perkembangan di beberapa bidang teknologi. Pengamat mengatakan bahwa China akan segera menyalip musuhnya di perang dagang itu dalam beberapa hal.

“China menutup kesenjangan teknologi dengan AS, meski belum sesuai dengan kemampuan AS secara keseluruhan, mereka akan jadi kekuatan besar dalam sejumlah bidang teknologi,” kata lembaga Council on Foreign Relations (CFR) yang berbasis di AS.

Ekonomi digital China memberikan lebih dari 34 persen dari produk domestik bruto negara.

“Kami memegang kunci teknologi dari AS yang benar-benar dihancurkan oleh China pada saat ini,” ujar Kepala Investasi di Hermes Investment Management, Eoin Murray.

Seperti diketahui bahwa jumlah pengguna internet di China pada 2008 berjumlah 298 juta, lebih dari 22 persen dari populasi saat itu, menurut Pusat Informasi Jaringan Informasi Jaringan Internet China (CNNIC). Saatini telah meningkat menjadi 854 juta sejak akhir Juni 2019, menjangkau lebih dari 60 persen dari jumlah populasi. (NRY-harianindo.com)