Sidoarjo – Meski tak berlaga kandang di kota sendiri, Persipura Jayapura rupanya kembali menuai hasil positif. Kala menjamu PS TIRA-Persikabo pada Rabu (02/10/2019) sore tadi, Mutiara Hitam berhasil unggul 3-0 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Pertandingan dibuka dengan permainan tempo lambat antara kedua tim. Meski demikian, Persipura beberapa kali bertindak agresif menyerang tim tandang. Usaha Persipura membuahkan hasil pada menit ke-5, ketika Todd Rivaldo Ferre berhasil melesakkan gol. Kebuntuan tak berlangsung lama.

Tersentak dengan gol lawan, TIRA-Persikabo mulai meningkatkan ritme permainan. Akan tetapi, usaha mereka tak kunjung membuahkan hasil lantaran lini pertahanan Persipura yang kokoh.

Pada menit ke-34, peluang muncul untuk TIRA-Persikabo. Namun sayang, serangan Ryan Kurnia rupanya tak mampu mengubah peluang menjadi gol lantaran berhasil dihalau oleh Dede Sulaiman selaku kiper Persipura. Skor masih 1-0 hingga babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, TIRA-Persikabo berusaha meningkatkan tensi serangan. Namun Persipura tetap tenang dengan menjaga tempo permainan di taraf sedang.

Asa mulai muncul bagi TIRA-Persikabo kala salah satu pemain Persipura, Andre Ribeiro, diganjar kartu merah pada menit ke-63. Akan tetapi, The Army rupanya masih kesulitan mengatasi Persipura yang bermain dengan 10 punggawa.

Nahas, TIRA-Persikabo justru kebobolan untuk kedua kalinya. Berkat assist dari Valentinus Telaubun, Todd Ferre berhasil mencetak gol kedua pada menit ke-84 untuk Persipura.

Keberhasilan Todd Ferre rupanya bukanlah yang terakhir. Memanfaatkan additional minutes, Boaz Solossa berhasil mempercantik kemenangan Persipura menjadi 3-0 pada menit ke-90+1.

Berkat kemenangan Rabu sore tadi, posisi Persipura di klasemen sementara mengalami peningkatan. Tim asuhan Jacksen F Tiago yang semula berada di peringkat ke-7 naik satu tingkat ke rangking 6 berkat poinnya bertambah menjadi 33.

Meski kalah dalam laga tersebut, TIRA-Persikabo masih bertahan di peringkat kedua dengan 36 poin. Namun posisinya bakal terancam oleh Madura United yang kini menempel di urutan ketiga dengan raihan 35 poin. (Elhas-harianindo.com)