Jakarta – Kelurahan Tanjung Duren, Grogol Petamburan, Jakarta Barat akhir-akhir ini mendapat sorotan terkait masalah sanitasi. Diketahui bahwa sebagian warga di sana tidak memiliki fasilitas water closet (WC). Terkait hal itu, warga di Gang Sekretaris RT 15/RW 07 Tanjung Duren menagih Gubernur Anies Baswedan untuk melunasi janjinya pada masa kampanye silam.

Mila, salah satu warga Gang Sekretaris, menuturkan bahwa dahulu Anies pernah berkampanye dengan mengunjungi kampungnya. Kepada para warga, Anies berjanji akan membangun fasilitas sanitasi di kampung tersebut. Namun, hingga kini Anies belum pernah mengunjungi kembali kampung mereka.

“Dulu pak Anies pernah kesini, sebelum jabat, sampai sekarang belum (datang lagi),” kata Mila pada Senin (07/10/2019).

Oleh sebab itu, Mila hanya bisa berharap supaya Anies kemudian membangun fasilitas sanitasi untuk warga Gang Sekretaris, khususnya WC umum dan septic tank.

“Ya kami mau saja dibangun wc umum ada septic tank nya, biar kali juga sehat, ini ramai begini malah bagus pak Anies jadi tahu kondisinya,” ujar perempuan yang sudah 18 tahun tinggal di Gang Sekretaris itu.

Meski hanya berjarak 7 kilometer dari Balai Kota DKI Jakarta, namun warga kampung tersebut hanya memiliki lima WC umum yang berada di pinggir kali. Fasilitas tersebut tak memiliki septic tank, sehingga kotoran langsung disalurkan ke kali.

Terletak dekat dengan pemukiman, WC umum tersebut kondisinya jauh dari kata layak. Fasilitas tersebut hanya memiliki kloset jongkok, keran, satu ember, gayung, dan paku untuk gantungan baju. Tak hanya itu, dinding WC umum tersebut berjamur dan pintu WC bersebelahan langsung dengan jalan gang.

Kondisi demikian membuat kali tersebut tercemar oleh limbah yang dibuang begitu saja. Tak hanya membuat warna air menjadi hitam, kali tersebut juga mengeluarkan bau tak sedap. (Elhas-harianindo.com)