Jakarta – Keputusan Gibran Rakabuming Raka yang tiba-tiba banting setir menjadi politisi membuat sejumlah kalangan terkejut. Pasalnya, selama ini putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut dikenal sebagai seorang pebisnis kuliner.

Dikabarkan sebelumnya bahwa Gibran menyerahkan beberapa usaha kulinernya kepada sang adik, Kaesang Pangarep. Terkait langkahnya tersebut, ia tak menyebut dengan jelas alasan dibalik pergantian profesinya tersebut.

“Ya yang namanya bisnis kan bisa dijalankan orang lain, sekarang Kaesang sudah lulus, sudah bisa saya delegasikan ke Kaesang, minggu depan dia lulus,” ujar Gibran saat berada di Jakarta Culinary Festival di Jakarta, Minggu (07/10/2019).

Tak lama ini, Gibran mendaftarkan diri sebagai kader PDIP, partai yang sama dengan ayahnya. Terkait alasannya untuk terjun ke dunia politik, Gibran mengaku bahwa keputusan tersebut ia ambil tanpa sangkut-paut dengan sang ayah.

“Tidak ada hubungannya sama Bapak (Jokowi),” ujarnya dengan singkat.

Menjadi pengusaha kuliner, Gibran memiliki sejumlah bisnis yang ia rintis bersama orang lain. Seperti usaha katering Chilli Pari, martabak Markobar, rice bowl Mangkokku, dan yang terbaru adalah minuman Goola.

Baru kemudian pada September lalu Gibran memutuskan untuk menjadi kader PDIP di Solo. Pada saat itu, ia sempat menanyakan formulir pendaftaran bakal calon Wali Kota Solo dari partai tersebut. Namun ia tidak mengungkapkan alasannya.

“Ntar aja,” ucap Gibran. (Elhas-harianindo.com)