Gianyar – Stadion Kapten I Wayan Dipta akan menjadi ajang pertemuan antara Indonesia dengan Vietnam. Laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia tersebut dijadwalkan akan berlangsung pada Selasa (15/10/2019) ini pukul 18.30 WIB.

Berdasarkan klasemen sementara Grup G, Indonesia masih terpuruk di dasar tabel. Tuan rumah berada di urutan kelima tanpa mengantongi satu poin pun. Sementara Vietnam kini berada di peringkat ketiga dengan raihan 4 poin.

Menjadi tuan rumah, Indonesia memiliki kesempatan yang baik apabila ingin memutus rantai kekalahan mereka. Skuad Garuda dalam ronde kedua kualifikasi sudah tiga kali kalah, yaitu kala melawan Malaysia (2-3), Thailand (0-3), dan Uni Emirat Arab (5-0).

Demi kemenangan, timnas Indonesia seharusnya berada dalam kondisi yang prima. Pentingnya momentum tersebut juga diakui oleh pelatih Simon McMenemy. Ia mengatakan bahwa selain skuadnya dalam kondisi baik, mereka juga telah melupakan raihan buruk di laga-laga sebelumnya.

“Kami melakukan banyak perbaikan agar tim bisa bangkit dari hasil buruk tersebut. Laga menjadi momentum tepat untuk memberi pembuktian kepada masyarakat Indonesia,” kata Simon.

“Saya harap laga ini bisa menjadi pembuktian untuk tim. Pemain pasti juga ingin membuktikan bahwa mereka adalah pemain yang bagus. Saya melihat jika beberapa pemain kelelahan, sementara di terdapat pemain yang lebih fit, maka lebih baik menggunakan pemain yang sedang berada dalam kondisi prima,” imbuhnya.

Simon merasa optimis dalam menyambut laga kontra Vietnam. Sebab, kala ia menjadi juru taktik Filipina pada tahun 2010 silam, timnya pernah menghadapi Vietnam.

“Vietnam tentu banyak berubah tiga sampai empat tahun terakhir. Saat 2010 cara mainnya mudah ditebak, cara menghentikannya waktu dulu ya kita harus banyak bekerja keras bagaimana kita bisa tahan permainan Vietnam,” ujar Simon.

Pertandingan Indonesia melawan Vietnam nantinya akan disiarkan secara langsung oleh saluran TVRI. Alternatif lain untuk menonton secara daring (live streaming) adalah situs utama dari kanal yang sama. (Elhas-harianindo.com)